Honda BeAT Mogok MIL Kedip 52, Alasannya Ini, Modal Isolasi Normal Lagi
Lampu MIL Honda BeAT berkedip 52, ternyata masalahnya di sensor CKP .
Mogok bisa datang kapan saja dan tak terduga, seperti dialami Harno yang menggunakan Honda BeAT eSP 2015 saat menuju pasar.
“Tiba-tiba motor brebet tak ada tenaga, lalu tak bisa distarter, terus lampu oranye di spidometer berkedip,” keluhnya.
Keluhan pun diutarakan ke Ewin , mekanik LBS MOTOR . “Kedipan MIL (Malfunction Indicator Lamp) 5 panjang dan 2 pendek, berarti kode 52 ,”
Klau dari kode MIL 52, berarti ada kerusakan CKP atau sensor posisi poros engkol.Tapi ternyata tak seberat itu, “Ini biasa dialami BeAT, Scoopy atau Spacy."
Masalahnya hanya karena kabel body terkelupas lalu menempel ke massa, jadinya korslet .
Ewin melanjutkan, kabel body yang ada di atas mesin, yang salah satunya dari ACG Starter, yang di dalamnya berisi pengisian spul dan juga CKP, posisinya memang dekat mesin.
Ketika mesin bersingungan, kabel tersebut bergesekan sehingga mengakibatkan lama-lama isolasi pengaman dan kabelnya terkelupas.
Makanya terjadi pendek atau korsletingbMengatasinya diisolasi saja,” tutur Ewin.
Sebelum mengisolasi kabel yang terkelupas, agar pengerjaan mudah lepas terlebih dahulu boks filter udara.
Diawali dengan melepas bagasi, baru buka 2 baut 10 pengencang boks filter di CVT pakai kunci sok, satu lagi baut di moncong throttle body pakai obeng plus.
Benar saja, setelah dicek ternyata isolasi dan 2 buah kabel terkelupas akibat akurasi.
Langsung saja diisolasi dengan sebelumnya dibersihkan dari kotoran.
Maklum posisinya pas di depan roda belakang, jadi kotoran berkumpul di situ.
Agar tak kembali bergesekan, ada baiknya setelah diisolasi dikasih cable ties dengan dikaitkan dengan kabel gas jadi posisi kabel menggantung.
Terakhir rakit lagi boks filter udara dan bagasi.
Lalu tes nyalakan mesin, pasti akan hidup normal kembali dan MIL tak lagi berkedip.
Mudah kan?
Komentar
Posting Komentar